50 Quotes Kata Kata Bijak Tentang Tabayyun









50 Quotes Kata Kata Mutiara Bijak Tentang Tabayyun - Apa sih itu Tabayyun? Menurut bahasa Tabayyun adalah telitilah terlebih dahulu. Kata tersebut dapat kita lihat pada Quran surat Al-Hujurat ayat 6. Dalam ayat tersebut dijelaskan: “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.”

50 Quotes Kata Kata Bijak Tentang Tabayyun

Sebelum kita menyebarkan sebuah berita lakukanlah langkah-langkah berikut:  Pertama, cari berita lengkap sebanyak mungkin dari sumber yang layak dipercaya.  Selanjutnya,  tabayyun dan verifikasi kebenarannya. Terkahir komentari secara proporsional bukan malah memprovokasi.

Berikut adalah 50 kumpulan quotes, kata kata mutiara islami, kata kata nasehat dan kata kata bijak tentang tabayyun yang bisa kita bagikan di status facebook, caption instagram, story whatsapp atau lainnya sehingga diri kita dan orang lain yang membacanya dapat terinpirasi untuk tidak menyebar berita dan informasi sembarangan, melainkan dengan tabayyun terlebih dahulu.

1. Tabbayun ketika mendapati atau mendengar suatu kabar atau berita adalah bukti bijak dan dewasanya seseorang.

2. Orang yang suka menyebar hoax. Walaupun amalnya baik, nanti dia akan masuk ke dalam syurga, tapi surganya juga hoax. - Ust Abdul Somad

3. Tabayyunlah sebelum menyebar berita dan informasi karena bisa jadi itu adalah berita hoax.

4. Endapkanlah dulu sampai kalian mengetahui kebenarannya. Jangan terburu-buru menerimanya. - Ath-Thabari, Tafsir ath-thabari, 22/268

5. Apa yang lagi teruk dari membunuh? Fitnah, sebab keburukan yang tersebar tu susah nak dihentikan. Jika tidak tahu betul atau tak tahu perkara itu, tabayyun dulu sebelum sebar. - hadijurimii

6. Bila mendapatkan info yang sekiranya belum jelas, Coba deh klarifikasi langsung ke sumber yang bersangkutan. Bukan dapet info berdasarkan "katanya" atau dapat sharean dari grup yang belum jelas siapa yang ngirim. Tabayyun ga mahal ko. - Rangga Prasetyo

7. Islam memerintahkan untuk menjauhi kebohongan atau hoax dan tidak menyebarkannya. Untuk itu, Islam mensyariatkan tabayyun.

8. Sekalipun terjadi gesekan akibat perbedaan pendapat & pandangan hendaknya tidak diperuncing & dibesar-besarkan. Sebaliknya, kata dia, prinsip tabayyun harus senantiasa dikedepankan agar terhindar dari upaya pecah belah & adu domba dari pihak yang tidak ingin Indonesia maju. - Khofifah

9. Jangan gampang percaya terhadap penyebaran info/berita HOAX yang tidak jelas sumbernya, banyak negara hancur krn korban info/berita HOAX. TABAYYUN!

10. Jangan menyebar isu yang BENAR-BENAR TIDAK JELAS, jangan mau dibodohi dan di adu domba.

11. Tabayyun dengan diri sendiri, jangan selalu menyalahkan orang lain dan jangan selalu menganggap diri paling benar.

12. Bijaklah dalam bersosmed saring dulu sebelum sharing, tabayyun, check end recheck. - Muhammad Sudirman Akilie

13. Bijaklah dalam menggerakkan jempol. Kebencian yang tertanam dalam hati akan membutakan akal dan pikiran. Tabayyun adalah langkah cerdas yabg selalu diajarkan dalam Islam. - Eko Haris

14. Tabayyun. Sebuah perilaku yang mulai menghilang. Dimana setiap orang langsung men-judge seseorang yang lainnya tanpa tahu dan faham akan kebenarannya. Lantas bagaimana kebenaran mau ditegakkan? - Zackizzulhaq

15. Indonesia krisis tabayyun, media adalah lahan provokasi paling efektif.

16. Di dunia Maya ini benar-benar harus hati-hati. Jangan asal percaya, harus Tabayyun, sakit hati tapi tidak boleh suudzon, pastikan semua sesuai fakta.

17. Seburuk apa orang mengira buruk tanpa didasari tabayyun dan clarifikasi maka lebih buruknya prasangka tersebut bab dangkalnya akal yang sekedar menyangka-nyangka. - aufaasurya

18. Bagaimana sikap yang seharusnya kita ambil saat mendengar isu tentang buruknya seseorang? Kaidah dasarnya, terhadap mukminin kita husnuzhan. Sementara terhadap orang fasik, kita curiga dulu sampai mampu melakukan tabayyun dengan benar. - Arif Rohmadi

19. Kebohongan yang terus berulang-ulang, maka akan diterima menjadi sebuah kebenaran. - Geobbels

20. Pentingnya tabayyun dulu sebelum judge atau berasumsi ini itu, daripada menyesal dan merasa bersalah karena sudah suudzon di awal.

21. Jangan langsung berspekulasi. Tabayyun terlebih dahulu agar tidak menyinggung perasaan orang lain.

22. Kalo tingkat curigamu udah tinggi, gampang banget kamu dicekokin dengan macem-macem hal, termasuk yang sebenernya gak ada hubungannya, tapi dibikin seakan-akan ada. Mau tabayyun? Mau cari data pembanding? Mau verifikasi dengan netral? Ya gak bakal. Wong udah curiga. - Anita Wahid

23. Tabayyun & kaji dahulu sebelum judge. Media hari ini sanggup melagakan netizen dengan membuat headline panas demi clickbait. - Shadiq Osman

24. Salah tetap salah, yang dicari ialah kebenaran & seandai seseorang agamawan buat kesilapan, mereka ada hak ditegur juga hak untuk perbaiki kesilapan. - Shadiq Osman

25. Jangan menelan mentah-mentah semua informasi. Baca dulu, pikirkan dulu, tanya dulu dan jika mungkin tabayyun dulu. Seperti dikatakan al-Qur’an, jika ada orang fasik membawa berita, jangan kita percaya begitu saja. Cek dulu kebenarannya agar tidak tercipta permusuhan di antara kita. - Yusril Ihza Mahendra

26. Saling rangkul. Musuhi provokator secara bersama. Lihat sumber daya alam di setiap konflik terjadi. Silaturahmi sesama anak bangsa dan jangan lupa tabayyun serta jangan jauh dari agama. - JackVardan

27. Sebagian Politisi tuh aneh. Mereka punya akses untuk tabayyun langsung, ada tempat untuk berdiskusi langsung dgn sesama pejabat, tapi milih lempar bola panas (isu-siu yang blm jelas) ke masyarakat. Sehingga hal yang harusnya simple malah jd gaduh. Atau mungkin emg maunya bikin gaduh. - Alitt Susanto

28.  Islam memerintahkan ummatnya untuk tabayyun, yaitu senantiasa check and recheck atau melakukan konfirmasi sebelum menerima kebenaran informasi.

29. Mereka yang cerdas akan menghidupkan dialog, mengajak diskusi, membiasakan tabayyun cek dan ricek. Tak lantas mencap yang beda irama kritik dan sarannya sebagai hoax dan mengujarkan kebencian. Mereka yang dungu, bodoh, dan nir-sumbulah yang melakukannya -Efek Samping Defisit IQ. - Andi Khomeini Takdir

30. Tabayyun (selidiklah) jika berita itu diterima daripada seorang yang fasik. - Santapan Minda

31. Islam ajarkan sikap kritis: tak boleh membebek kata org. Kelak semua perkataan/perbuatan kita sendiri yang harus mempertanggungjawabkan, pun harus cross check (tabayyun). Banyak tangan kotor (fasiq) bermain. Tapi kenapa sekarang mau menelan sampah demi menangkan kelompok sendiri & kalahkan yang lain. - Haidar_Bagir

32. Tabayyun adalah penangkal utama hoaks. Hoaks sumber perpecahan bangsa, mari kita lawan hoaks. KH Ma'ruf Amin

33. Waspadalah terhadap berita-berita bohong dan fitnah yang bisa memecah belah bangsa. Mengingatkan untuk selalu tabayyun dan jangan cepat percaya berita apa pun.

34. Jangan apa-apa dibilang Hoax Hoex, tabayyun dulu itu Hoax atau Fakta dan analisa berdasar, lama-alama publik juga eneg cuma dijawab Hoax Hoex lho, seperti gak ada sanggahan yang masuk akal. - Mahendradatta

35. Kebanyakan orang awam dan biasa yang terprovokasi kebencian. Waspada. Selalu cek Informasi terkait politik. Utamakan Tabayyun. Jaga Silaturahmi jangan mudah terprovokasi.

36. Beda sikap bukan berarti menjilat, ini salah satu bentuk ke khawatiran agar masa kelam itu gak kembali terulang. Khawatir itu peduli, dan peduli itu cinta. Beda gak kayak situ, dikomporin dikit kebakar, tanpa mau tabayyun. - GKwarrior_17

37. Kita bukan Maha Mengetahui, bukan semua benda kita pernah merasa. Sebab tu tabayyun dulu. Siasat dulu. Tak semua benda kita kena bagi pendapat. - tumbukrusuk

38.Salah satu pesan moral 'Literasi Digital' adalah: netizen harus sadar betul bhw tdk semua yang terbaca benar itu benar, dan tdk semua yang terdengar salah itu salah; perlu selalu tabayyun, mencari tahu hingga benar-benar mengetahui secara benar. Istilah kata harus 'haqqul yaqin'. - Oman Fathurahman

39. Tujuan kita tabayyun untuk kenal pasti sahih atau tidak satu-satu berita. Jika dalam proses tabayyun tersebut kita mendengar berita-berita lain, maka jangan dicampur-adukkan proses tabayyun yang awal tadi. Jika ada 10 berita yang berlainan, maka 10 kalilah kita tabayyun. - justalhafiz

40. Kita disuruh tabayyun, berhati-hati & selidik dahulu sesuatu berita, terutama berita negatif. Namun, setelah tabayyun, lagi banyak berita buruk yang terbongkar. Jadi, Adakah kita patut meninggalkannya, Atau menjadi bodoh dengan ‘husnuzon’ walaupun sudah banyak yang Allah tunjuk pada kita? - Teme Abdullah

41. Sebelum kita hendak serang dan kecam orang. Kita tabayyun dahulu. Bersangka baik dulu. Semoga kita semua sentiasa dirahmati Allah. - Adam Corrie

42. Tidak patut kita mengambil berita dan menjadikannya sebagai pegangan  dalam menyebarkan berita kepada orang lain, kecuali apabila kita sudah  betul-betul memeriksa dan memastikan kebenaran informasinya. Inilah  proses yang disebut sebagai tabayyun. - Moh. Fauzil Adhim

43. Tak semua yang kita DENGAR dan TAHU harus BURU BURU di Sebarkan di MEDSOS, sebab Islam mengutamakan TABAYYUN. Sesuatu yang terlanjur kau viralkan bagaikan nasi telah menjadi bubur padahal sebagai kawan bukankah ada jalur komunikasi yang lain selain med sos? - zarazettirazr

44. KESAMAAN RADIKALISME:  Islam Radikal gemar menuduh orang lain kafir atau anti Islam.  Pancasila Radikal gemar menuduh orang lain intoleran atau anti Pancasila.  Mereka juga gemar membubarkan pengajian dengan alasan ustadznya anti-NKRI, tanpa tabayyun! - @Pengelana1924

45. Kalau tak yakin dengan sesuatu berita, tabayyun (selidiki). Kalau tak yakin, tak usah sebarkan.

46. Pentingnya “Tabayyun” .keputusan tanpa proses tabayyun (Klarifikasi) akan melahirkan penyesalan yang bisa saja tak berujung, karena kita menimpakan keburukan atas diri org lain, padahal mungkin saja mereka berlepas diri darinya, karenanya Allah tegas memerintah mengedepankan tabayyun. - bubakar Assegaf

47.Orang yang buat fitnah, Percaya kepada fitnah, Share fitnah sesuka hati, Ialah orang yang menentang ayat Quran surah Al-Hujurat, ayat 6. Ittaqullah, bertaqwalah kepada Allah. Apa-apa hal, tabayyun dulu. Itu adab & akhlak. - Aiman Banna

48. Wasiat dalam surat Hujurat
1. Jauhi prasangka jelek/suudzan
2. Jangan cari cari kesalahan orang
3. Jangan mengolok olok
4. Jangan menggunjing
5. Jangan mencela
6. Jangan memberi sebutan/gelar buruk
7. Jangan pecah belah, damaikan
8. Tabayyun Cari kejelasan
9. Adil. walau ke musuh.

49. Simple kok. Kalo emang muslim, pasti paham: Suudzon itu dosa. Menyebarkan kabar negatif tanpa tabayyun itu dosa. Kalo gak beragama, ya bakal ngelakuin itu semua tanpa rasa berdosa. Titik. - Alitt Susanto

50. Tabayyun akhlak yang mulia. Akan lebih mulia bila yang bertanya tidak menyerang dan yang menjawab tidak sekedar membeladiri. - Triawan Munaf

Kata kata bijak

Kata mutiara

Kumpulan status keren

ucapan selamat